Perusahaan PT. Gudang Garam,Tbk.

 Perusahaan PT. Gudang Garam,Tbk.

Planning

         Berawal dari industri rumahan, perusahaan kretek Gudang Garam telah tumbuh dan berkembang seiring tata kelola perusahaan yang baik dan berlandaskan pada filosofi Catur Dharma. Nilai-nilai tersebut merupakan panduan kami dalam tata laku dan kinerja perusahaan bagi karyawan, pemegang saham, serta masyarakat luas.
Apa yang dicapai Gudang Garam saat ini tentunya tidak terlepas dari peran penting sang pendiri, Surya Wonowidjojo. Beliau adalah seorang wirausahawan sejati yang dimatangkan oleh pengalaman dan naluri bisnis. Di mata para karyawan, beliau bukan hanya berperan sebagai pemimpin, melainkan juga merupakan sosok seorang bapak, saudara, serta sahabat yang amat memperhatikan kesejahteraan karyawan.
Surya Wonowidjojo meninggal dunia pada 28 Agustus 1985 dengan meninggalkan kesan mendalam bukan hanya di mata karyawan, melainkan juga di hati masyarakat Kediri dan sekitarnya. Beliau merupakan seorang panutan yang menanamkan nilai-nilai luhur bagi perusahaan, yang dituangkannya ke dalam Catur Dharma Perusahaan :
  1. Kehidupan yang bermakna dan berfaedah bagi masyarakat luas merupakan suatu kebahagiaan.
  2. Kerja keras, ulet, jujur, sehat, dan beriman adalah prasyarat kesuksesan.
  3. Kesuksesan tidak dapat terlepas dari peranan dan kerjasama dengan orang lain.
  4. Karyawan adalah mitra usaha yang utama.
Salah satu langkah strategis yang diambil oleh Gudang Garam adalah menanamkan investasi pada program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) secara profesional, berupa upaya untuk mencetak individu-individu yang gemar berinovasi, memiliki visi, mampu berpikir strategis, serta memiliki kapasitas dalam memimpin dan mengembangkan sebuah organisasi secara berkesinambungan.
Di Gudang Garam, kami percaya bahwa SDM merupakan aset utama yang berperan penting dalam mencapai keberhasilan bisnis serta tujuan perusahaan lainnya. Karena itulah, sebagai bagian dari strategi bisnis perusahaan, Gudang Garam menerapkan program People Development untuk meningkatkan kemampuan segenap karyawan. Dengan berkembang bersama karyawan, kami yakin bahwa Gudang Garam akan mampu mencetak prestasi sebagai salah satu perusahaan terbaik di tanah air.
Dalam rangka mengapresiasi serta memberi kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan kemampuan profesional dan pencapaian dalam karier, Gudang Garam memiliki program pengembangan SDM yang terstruktur rapi. Program pengembangan SDM ini dirancang khusus untuk menajamkan dan meningkatkan kompetensi, kemampuan teknis, serta kualitas kepemimpinan seluruh karyawan. Dengan demikian, peluang untuk mengasah kemampuan dan merencanakan karier akan senantiasa terbuka lebar bagi karyawan yang berprestasi.
Keunikan produk, kompleksitas proses operasional perusahaan, serta pertumbuhan bisnis perusahaan membuat Gudang Garam selalu menyambut baik kehadiran tenaga kerja yang cakap untuk memberikan kontribusinya dalam berbagai bidang keahlian, mulai dari Marketing, Engineering, Information Technology (IT), Human Resources, Finance, Accounting, dan lain-lain.
Dengan bergabung menjadi karyawan Gudang Garam, Anda akan memasuki lingkungan kerja yang dinamis dan senantiasa memberikan ruang untuk menumbuhkan serta menuangkan ide-ide kreatif. Bergabung menjadi karyawan juga akan menjadikan Anda bagian dari keluarga besar Gudang Garam yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.
Sebagai bagian dari keluarga besar Gudang Garam, kesejahteraan karyawan merupakan prioritas utama bagi perusahaan. Keselamatan kerja, ketersediaan fasilitas kesehatan serta program pendidikan bagi karyawan, adalah beberapa poin yang menjadi fokus perhatian perusahaan. Secara berkesinambungan, karyawan Gudang Garam juga mendapatkan bekal pelatihan dalam hal kepemimpinan, manajerial, administrasi, dan ketrampilan teknik, dan sebagainya.
Tumbuh dan berkembang bersama karyawan merupakan bagian dari perwujudan nilai-nilai Catur Dharma yang dipegang teguh oleh perusahaan. Kesempatan terbuka lebar bagi Anda yang ingin ikut mengembangkan potensi diri sebagai bagian dari keluarga besar Gudang Garam.

 ORGANISASI

Struktur organisasi yang dianut oleh PT Gudang Garam Tbk adalah struktur organisasi line/garis.
a. Dewan Komisaris
Dewan Komisaris adalah badan noneksekutif yang mewakili kepentingan seluruh pemegang saham dan berperan mengawasi manajemen perusahaan. Dewan Komisaris beranggotakan sedikitnya tiga orang, dimana salah seorang di antaranya diangkat sebagai Presiden Komisaris. Anggota Dewan Komisaris diangkat untuk masa jabatan lima tahun dan disetujui oleh Rapat Umum Pemegang Saham. Dewan Komisaris Gudang Garam. Anggota Dewan Komisaris PT Gudang Garam Tbk saat ini ada 4 orang, terdiri atas:
1. Juni Setiawati Wonowidjojo
Menjabat Komisaris sejak tahun 1983, Juni diangkat menjadi Presiden Komisaris Perseroan pada bulan Juni 2009 hingga kini.
2. Yudiono Muktiwidjojo
Menjabat Komisaris pada tahun 2001, Yudiono diangkat menjadi Komisaris Independen pada bulan Maret 2002.
3. Frank W. van Gelder
Frank diangkat menjadi Komisaris Independen Perseroan pada bulan Maret 2002. Saat ini, pria yang pernah bekerja di Bank ABN AMRO selama 12 tahun ini adalah Managing Partner perusahaan konsultasi New Frontier Solutions Pte. Ltd. di Singapura.
4. Lucas Mulia Suhardja
Menjabat Komisaris pada bulan Juni 2009, Lucas adalah seorang dokter umum yang sangat berpengalaman. Pria ini sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan Jakarta (1976 – 2009).
c. Dewan Direksi
Perusahaan dipimpin dan dikelola oleh Direksi yang beranggotakan sedikitnya tiga orang. Salah seorang di antaranya ditunjuk menjadi Presiden Direktur. Anggota Direksi diangkat untuk masa jabatan lima tahun dan disetujui Rapat Umum Pemegang Saham. Direksi tidak diperkenankan merangkap jabatan lain yang dapat menimbulkan benturan kepentingan dengan perusahaan, kecuali atas persetujuan Dewan Komisaris dan Rapat Umum Pemegang Saham. Anggota Direksi PT Gudang Garam Tbk saat ini ada 6 orang, terdiri atas:
1. Susilo Wonowidjojo
Menjabat Presiden Direktur sejak bulan Juni 2009, Susilo sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur (1990 – 2009) yang menangani bidang pengadaan/pengelolaan bahan baku dan permesinan.
2. Heru Budiman
Menjabat Direktur pada tahun 2000 setelah sebelumnya menjabat Sekretaris Perseroan (1996 – 2000). Kariernya di Gudang Garam berawal pada tahun 1990 di bidang Treasury dan Hubungan Investor.
3. Fajar Sumeru
Menjabat Direktur Produksi pada tahun 2007, setelah sebelumnya menjabat Wakil Direktur urusan SKM (2005 – 2007). Kariernya di Gudang Garam berawal pada tahun 1987.
4. Herry Susianto
Menjabat Direktur Keuangan pada tahun 2007. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Internal Audit (2002 – 2007) dan Kepala Divisi Akuntansi (2001 – 2002). Kariernya di Gudang Garam berawal di Divisi Akuntansi pada tahun 1983.
5. Buana Susilo
Menjabat Direktur Teknik pada tahun 2008 dan menangani urusan desain peralatan, perencanaan proses, serta konfigurasi. Sebelumnya pernah menjabat Wakil Direktur Teknik (1991 – 2008). Kariernya di Gudang Garam berawal pada tahun 1981.
6. Istata Taswin Sidharta
Beliau di angkat sebagai Direktur Perseroan pada tahun 2012.
d. Komite Audit
Komite Audit adalah komite independen yang anggotanya ditunjuk oleh dan bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris. Tugas utama Komite Audit adalah membantu Dewan Komisaris memastikan berjalan dan terpeliharanya praktik tata kelola perusahaan serta pengawasan perusahaan yang memadai.
e. Sekretaris Perusahaan
Sekretaris Perusahaan bertugas memastikan agar Gudang Garam senantiasa mematuhi peraturan dan perundangan yang dikeluarkan oleh badan otoritas pasar modal. Tugas lainnya adalah memberi masukan kepada Direksi serta Dewan Komisaris mengenai permasalahan yang terkait dengan hal-hal yang disebutkan tadi serta memberikan informasi yang dibutuhkan badan otoritas pasar modal dan para pemegang saham mengenai kinerja bisnis perusahaan. Informasi diberikan melalui publikasi laporan keuangan, pertemuan, serta paparan publik tahunan.
f. Karyawan
Salah satu keunikan yang dimiliki PT Gudang Garam Tbk dalam hal sumber daya manusia adalah kemampuan untuk menerapkan prinsip padat karya sekaligus prinsip padat modal secara bersama-sama. Di satu sisi untuk memproduksi rokok yang berkualitas tinggi, PT Gudang Garam Tbk dituntut untuk menggunakan mesin-mesin dan peralatan canggih yang membutuhkan banyak modal untuk pengadaanya. Namun di sisi lain perusahaan juga memiliki komitmen besar terhadap pemerdayaan sumber daya manusia. Hal ini terbukti dengan jumlah karyawan PT Gudang Garam Tbk yang mencapai lebih dari 41.000 karyawan yang tersebar di berbagai sektor pekerjaan.

Bagan  Struktur Organisasi

 



 Directing



Dewan Komisaris

Juni Setiawati Wonowidjojo
Diangkat menjadi Presiden Komisaris Perseroan pada bulan Juni 2009, dan menjabat sebagai Komisaris sejak tahun 1983. Beliau memiliki hubungan afiliasi dengan Susilo Wonowidjojo, Presiden Direktur Perseroan serta memiliki hubungan afiliasi dengan pemegang saham Perseroan.
Frank W. van Gelder
Diangkat menjadi Komisaris Independen Perseroan pada bulan Maret 2002. Saat ini beliau adalah Managing Partner perusahaan konsultasi New Frontier Solutions Pte. Ltd., di Singapura. Sebelumnya beliau bekerja di Bank ABN AMRO selama 12 tahun. Meraih gelar Master Hukum Perdata, dari Leiden University, Belanda.
Lucas Mulia Suhardja
Diangkat menjadi Komisaris pada bulan Juni 2009. Seorang dokter umum yang sangat berpengalaman dan sebelumnya bekerja sebagai Kepala kantor perwakilan Jakarta mulai tahun 1976 hingga 2009. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga, Surabaya.
Gotama Hengdratsonata
Diangkat menjadi Komisaris Independen Perseroan pada bulan Juni 2014. Saat ini menjadi sebagai Komisaris PT Semesta Indovest Securities, Jakarta sejak tahun 2000. Sebelumnya beliau bekerja di Lippo Bank dari tahun 1985 hingga tahun 2004 menjabat sebagai Group Head untuk Indonesia Timur. Meraih gelar Sarjana Teknik Sipil dari Universitas Feng Chia, Taiwan.

Direksi

Susilo Wonowidjojo
Diangkat menjadi Presiden Direktur pada bulan Juni 2009, dan sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur sejak 1990 dan sebagai Direktur Perseroan sejak 1976 membidangi pengadaan / pengelolaan bahan baku dan manajemen produksi. Beliau memiliki hubungan afiliasi dengan Juni Setiawati Wonowidjojo, Presiden Komisaris Perseroan serta memiliki hubungan afiliasi dengan pemegang saham Perseroan.
Heru Budiman
Ditunjuk sebagai Direktur pada tahun 2000, diusulkan dan diangkat menjadi Sekretaris Perseroan pada tahun 1996, mulai bekerja di Gudang Garam pada tahun 1990 di bidang Treasury dan Hubungan Investor. Sebelumnya menduduki posisi senior manajemen di sejumlah bank nasional dan internasional. Meraih gelar Sarjana Sastra Inggris dari Universitas Satya Wacana.
Herry Susianto
Diangkat menjadi Direktur yang membidangi Keuangan pada tahun 2007. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Inernal Audit, yaitu sejak 2002 hingga 2007, dan Kepala Divisi Akuntansi antara 2001 dan 2002. Ketika pertama kali masuk Perseroan pada tahun 1983 beliau bekerja di Divisi Akuntansi. Meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Airlangga, Surabaya dan Magister Manajemen dari Universitas Gajayana, Malang.
Buana Susilo
Diangkat sebagai Direktur dengan tanggung jawab urusan teknologi manufaktur pada tahun 2008. Berpengalaman menangani urusan desain peralatan, perencanaan proses dan konfigurasi. Sebelum itu beliau adalah Wakil Direktur yang membidangi Teknik sejak tahun 1991, dan pada awal tahun 2000 bertanggung jawab untuk pembangunan dan pengembangan fasilitas produksi kedua di Gempol. Mulai bekerja di Perseroan sejak 1981 dan bertanggung jawab untuk modernisasi pengolahan primer.
Istata Taswin Siddharta
Diangkat sebagai Direktur yang menangani terutama bidang Teknologi Informasi pada tahun 2012. Mulai bekerja di Perseroan sejak tahun 2008 dan menjabat sebagai Wakil Direktur urusan Pemasaran dari tahun 2008 hingga 2010. Sebelum bergabung dengan Perseroan, beliau adalah Partner di KPMG Indonesia, berpengalaman di kantor akuntan publik selama dua puluh tahun. Meraih gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Indonesia, Jakarta.
Sony Sasono Rahmadi
Bergabung dengan Perseroan pada tahun 2012 dan diangkat sebagai Direktur yang membidangi percetakan kemasan rokok. Dari tahun 2008 hingga 2012, menjabat sebagai Direktur PT Cipta Kretek Nusantara dan PT Karyadibya Mahardhika. Sebelumnya, bekerja di PT Surya Zig Zag menjabat sebagai General Manager dan Perwakilan Manajemen. Diangkat sebagai Direktur Independen pada tahun 2014. Meraih gelar Sarjana Teknik Kimia dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
Lengga Nurullah
Diangkat sebagai Direktur yang membidangi produksi SKM di Kediri pada tahun 2015. Sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur produksi di Gempol pada 2014-2015 dan sebelumnya sebagai Kepala Produksi LTN (rendah tar, rendah nikotin) pada 2013-2014. Bergabung dengan Perseroan pada tahun 2012 di Divisi Teknik. Sebelumnya bekerja dalam bidang manufaktur otomotif di Bosch, Jerman. Lulusan Technical University of Berlin.

 Controlling


CSR

Gudang Garam tumbuh berdasarkan falsafah pendiri perusahaan yang kemudian dikembangkan menjadi dasar tata kelola perusahaan yang baik. Nilai-nilai tersebut seterusnya dijadikan panduan untuk senantiasa memenuhi tanggung jawab kepada karyawan dan masyarakat sekitar.
Kami memiliki komitmen untuk menunaikan tanggung jawab sosial serta terus berkontribusi pada pembangunan masyarakat. Bagi kami, perwujudan tanggung jawab sosial pada masyarakat merupakan sebuah investasi bagi masa depan sekaligus kesempatan untuk memastikan agar perusahaan dan masyarakat dapat tumbuh bersama dan saling mendukung.

Daftar pustaka :
 

Komentar

Postingan Populer